CARA BERKENDARA YANG BAIK DAN AMAN KETIKA BANJIR

CARA BERKENDARA YANG BAIK DAN AMAN KETIKA BANJIR




Sebagian daerah sering terjadi banjir apalagi jika sudah memasuki musim hujan pasti daerah yang rawan banjir akan mengalami banjir, banjir yang menggenangi jalanan akan menyulitkan kita dalam berkendara karena jalan tertutup air.

Jika kondisi jalan banjir maka kita harus tetap fokus dan ketahui situasi jalan, yaitu kenali daerah mana yang terdapat lubang atau saluran air jangan sampai ban kendaraan kita masuk lubang atau saluran air yang cukup dalam sehingga akan menyebabkan mobil kita terjeblos dan tidak bisa berjalan.

Jika kita berkendara pada saat kondisi jalan banjir sebaiknya kita berkendara dengan kecepatan rendah saja karena jika banjir kondisi jalan tidak akan terlihat dan jika kita berkendara pada saat banjir dengan kecepatan tinggi maka akan membahayakan diri kita sendiri dan juga pengendara yang lain.

Jika kita berkendara pada saat kondisi jalan banjir dan kita berkendara dengan kecepatan tinggi maka air banjir akan masuk kepada komponen yang lemah jika terkena air maka akan mengakibatkan mobil anda mati atau mogok.

Jika kita berkendara pada saat kondisi jalan banjir kita harus tetap fokus dan kenali situasi jalan.
Jika kita berkendara pada saat banjir pasti kendaraan sering ada yang mati / mogok karena ada komponen yang terkena air banjir.

Berikut adalah tips berkendara ketika banjir :

Perkirakan ketinggian air yang akan dilewati tidak melebihi roda kendaraan [Sedan kurang lebih 70cm, non sedan kurang lebih 85cm].
Jangan mengambil jalan terlalu kekiri atau kekanan [untuk menghindari lubang / parit yang tertutup air].
Kemudikan kendaraan pelan - pelan dan stabil dengan gigi rendah, Rekomendasi : A/T - posisi L ; M/T - gigi 1.
Memacu kendaraan terlalu cepat dapat menimbulkan gelombang air lebih besar dan masuk kedalam corong saringan udara serta dapat memberikan tekanan air berlebih pada komponen kendaraan bagian depan, sehingga merusak komponen berbahan plastik seperti fog lamp, fan radiator dan lain sebagainya.
Jangan melewati genangan air yang mengalir deras karena kendaraan anda dapat terbawa arus
Hindari jalan yang tertutup tanah / lumpur sisa banjir karena jalanan akan menjadi licin.
Namun yang terpenting adalah sebisa mungkin hindari berkendara melewati daerah banjir.

Itulah tips berkendara ketika banjir, semoga bermanfaat.

0 Response to "CARA BERKENDARA YANG BAIK DAN AMAN KETIKA BANJIR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel