BERKENDARA YANG AMAN KETIKA MUSIM HUJAN DAN BANJIR

BERKENDARA YANG AMAN KETIKA MUSIM HUJAN DAN BANJIR



Ketika berkendara pada saat musim hujan pasti akan mengganggu kita dalam berkendara, karena pandangan akan terganggu oleh air hujan dan jalan pun menjadi licin.
Kita harus extra hati - hati jika kita berkendara pada saat cuaca turun hujan, persiapan harus dipersiapkan, persiapan diri dan juga persiapan kendaraan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada saat berkendara.

Perhatikan kondisi rem, jika musim hujan atau pada saat hujan rem tidak akan bekerja secara maksimal karena kondisi jalan yang licin dan terdapat air sehingga membuat rem tidak bekerja dengan maksimal.
Maka dari itu jika kondisi jalan licin atau pada saat turun hujan sebaiknya kita jangan melaju dengan kecepatan tinggi karena rem tidak bekerja dengan maksimal dan mobil tidak akan bisa berhenti seketika.

Selain itu juga kita harus memperhatikan kondisi dan situasi jalan, apakah terdapat jalan yang rusak atau lubang.
Jika berkendara kita harus tetap fokus karena jika kita tidak fokus, kita akan membahayakan diri kita sendiri dan juga orang lain.

Karena situasi dijalan kita tidak bisa memprediksinya, terkadang walaupun kita sudah hati - hati dan fokus belum tentu pengendara lain akan sama dengan kita.
Sebaiknya kita harus tetap jaga jarak aman dalam berkendara agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Berikut tips berkendara yang aman pada saat cuaca turun hujan :
  • Tetap waspada dan perhatikan kendaraan
Nyalakan wiper dan lampu depan pada saat cuaca sudah mulai gelap dan hujan lebat, nyalakan juga lampu kabut jika kendaraan anda sudah dilengkapi dengan lampu jenis ini.
  • Mengurangi kecepatan mencegah selip
Kurangi kecepatan kendaraan pada saat melintasi genangan air untuk mengecilkan resiko terjadinya selip dan menambah jarak aman dengan kendaraan yang didepan.
  • Waspada dijalanan banjir
Jangan melintasi jalan yang sudah tergenang banjir lebih tinggi dari setengah ban mobil, periksa juga sampai kedalaman berapa kendaraan anda bisa terendam oleh air.
  • Pastikan tekanan ban cukup
Periksa tekanan alur dan alur ban mobil anda, tekanan yang terlalu keras akan mengurangi daya cengkraman terhadap permukaan jalan, sebaliknya kurangnya tekanan ban mobil akan menyebabkan mobil lebih mudah selip dijalanan basah.

Itulah tips berkendara ketika musim hujan, semoga bermanfaat.

0 Response to "BERKENDARA YANG AMAN KETIKA MUSIM HUJAN DAN BANJIR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel