TIPS DAN TRIK DALAM MENGENDARAI SEPEDA MOTOR AGAR TERTIB DAN SELAMAT

TIPS DAN TRIK DALAM MENGENDARAI SEPEDA MOTOR AGAR TERTIB DAN SELAMAT



Jika kita ingin berkendara dengan selamat dan tertib, kita harus memahami peraturan yang ada dan juga kita harus mengecek perlengkapan yang akan digunakan / sepeda motor apakah sudah siap untuk dipakai.

Jangan sampai sepeda motor yang kita pakai mati / mogok ditengah jalan dan membahayakan diri kita sendiri dan juga orang lain.
Kita harus mempersiapkan segalanya, apalagi jika kita berpergian jauh agar tidak merepotkan dijalan.

Jika kita ingin bepergian jauh sebaiknya periksa dulu kondisi sepeda motor kita agar dalam perjalannan tidak ada hambatan apapun dan perjalanan kita lancar.

Terlebih untuk kendaraan yang sudah tua atau cukup lama pemakaiannya, sebaiknya diperiksa untuk diservice dibengkel terlebih dahulu agar kita dapat mengetahui dengan detail dan tepat untuk kondisi sepeda motor kita.

Jika terdapat komponen yang penting kondisinya sudah tidak layak pakai sebaiknya untuk diganti dengan yang baru dan jika tidak diganti sebaiknya konfirmasi terlebih dahulu kepada montir bengkel kira - kira komponennya masih bisa digunakan atau tidak untuk bepergian jarak jauh, jika tidak sebaiknya diganti saja.

Gantilah oli sebelum bepergian jauh karena oli adalah sebagai pelumas mesin agar menjadi dingin, jika kita mengganti oli pada saat akan berangkat bepergian jauh selain berguna untuk melumasi mesin agar stabil dan tetap dingin manfaat lainnya juga akan didapat yaitu kerja mesin akan optimal dan stabil.

Namun jika oli mesin anda baru saja diganti maka sebaiknya tidak untuk menggantinya karena akan menyebabkan pemborosan.
Jika kita akan bepergian jauh selain kita mengecek dan memperhatikan kondisi motor kita juga harus memperhatikan keselamatan dan ketertiban dalam berkendara.

Gunakan helm sni [standar indonesia], perhatikan rambu lalu lintas, patuhi marka jalan, memakai jaket dan membawa jas hujan.
Karena jika kita akan bepergian jauh kita harus mempersiapkan segala sesuatunya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan.

berikut beberapa tips benrkendara untuk keselamatan dan ketertiban :
  • Cek kendaraan :Rem berfungsi, kaca spion lengkap, Lampu utama dan sein nyala / berfungsi, Tekanan angin ban depan dan belakang cukup, Lampu ren dan sein nyala / berfungsi.
  • Gunakan helm berstandar SNI
  • Menggunakan jaket atau baju yang cerah sebaiknya
  • Maksimal 2 orang [beban yang dimuat jangan sampai lebih], karena sepeda motor hanya digunakan maksimal untuk 2 orang.
  • Membawa STNK dan SIM
  • Patuhi rambu lalu lintas
Itulah beberapa tips yang harus diperhatikan agar terciptanya keselamatan dan ketertiban dalam berkendara. Semoga bermanfaat.

0 Response to "TIPS DAN TRIK DALAM MENGENDARAI SEPEDA MOTOR AGAR TERTIB DAN SELAMAT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel